Jumat, 29 November 2013

JOB DESCRIPTION DAN BISNIS PROSES BUYER SECTION HEAD


JOB DESCRIPTION BUYER SECTION HEAD

Pembelian (purchasing) adalah suatu proses pencarian sumber dan pemesanan barang atau jasa untuk membantu fungsi produksi, distribusi atau penjualan. Bagian yang menangani atau melakukan pembelian ini adalah Purchasing Department (Bagian Pembelian) atau biasa juga disebut Procurement Department (Bagian Pengadaan).

Peran Pembelian Dalam Perusahaan

Pembelian mempunyai peranan yang penting bagi perusahaan. Peranan tersebut antara lain sebagai berikut:

A. Salah Satu Fungsi Penting Dalam Bisnis

Dalam perusahaan selalu ada 6 fungsi pokok yang dijalankan, yaitu creation function (Pencipta ide atau gagasan), finance function (Pengumpul, perencana dan pengawas keuangan), personel function (Pengelola sumber daya manusia), purchasing function (Pengadaan barang/jasa), conversion function (Pengubah bahan produksi) dan distribution function (Penjualan barang/jasa yang dihasilkan).

Tanpa adanya salah satu fungsi diatas, sulit bagi perusahaan untuk dapat beroperasi dengan lancar. Sesuai dengan skala perusahaan beberapa bagian tersebut biasannya dapat dirangkap oleh satu atau dua bagian, tetapi bagian tersebut tetap harus ada dalam suatu perusahaan demi kelancaran perusahaan itu sendiri.

B. Sebagai Profit Centre Perusahaan

Bagian pembelian dapat dikatakan sebagai profit centre karena bagian ini dapat meningkatkan keuntungan bagi perusahaan. Pada awalnya bagian pembelian dianggap sebagai cost centre, karena bagian ini merupakan bagian yang selalu mengeluarkan biaya. Tetapi ketika bagian ini menekan sedikit pengeluaran dari proses pembelian yang dilakukannya, makan bagian ini dapat meningkatkan jumlah keuntungan yang didapat suatu perusahaan. 

C. Sebagai Fungsi Strategis Perusahaan

Fungsi pembelian dikatakan fungsi strategis dalam perusahaan karena merupakan fungsi vital dalam suatu perusahaan dan merupakan fungsi yang juga dapat mempengaruhi keuntungan dari perusahaan sehingga mampu memberikan kontribusi yang besar bagi keberhasilan perusahaan.

Berikut adalah job description dari purchasing :

1.    Melakukan pemilihan / seleksi calon vendor atau supplier sesuai kriteria yang diharapakan perusahaan.

2.    Menjalin hubungan kerjasama yang sehat dengan vendor atau supplier.

3.    Menerima PR (Purchase Request) dari departemen terkait untuk diproses menjadi PO (Purchase Order).

4.    Membuat dan mencetak PO (Purchase Order) dan mengirimkannya ke Vendor, agar proses pembelian dapat berjalan dengan baik sesuai jadwal dan spesifikasi yang diinginkan.

5.    Melakukan proses pembelian barang agar tersedianya barang sesuai dengan permintaan kebutuhan pada setiap departemen, agar operasional perusahaan dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

6.    Melakukan input biaya - biaya yang timbul akibat dari pembelian barang yang dibebankan kepada penerima barang.

7.    Membuat laporan bulanan mengenai pembelian dan outstanding PO, untuk menjadi bahan informasi bagi atasan dalam pengambilan keputusan.

8.    Mereview kinerja para vendor atau supplier apakah service sudah sesuai dengan yang sudah disepakati bersama. 

 

Purchasing Business Process

 
 
pdf 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar