Kamis, 21 November 2013

Install ADempiere


Sekilas tentang Adempiere

            Nama “Adem” berasal dari bahasa Itali dengan arti untuk memenuhi (to fulfill) tapi dalam hal ini memberi makna lebih luas yakni menyelesaikan (to complete), pencapaian (reach), pelaksanaan/berlatih (practice), menampilkan kemampuan/kewajiban (perform the duties of), atau tanpa biaya (free) ini juga berarti penghargaan dan penghormatan.

Adempiere adalah aplikasi bisnis lengkap yang saling terintegrasi antara sistem Accounting, Finance, Sales, Purchasing, Inventory, Customer Relationships Management, Web Store, dan Business Intelligence. Dengan sistem yang terintegrasi ini, Adempiere dapat men-sinkronisasi dan mengoordinasi seluruh proses bisnis dengan lisensi GPL sehingga tidak perlu membayar lisensi (anda hanya perlu membayar lisensi untuk software pendukung seperti OS, Database, dll apabila diperlukan).

Dengan Aplikasi ERP, perusahaan dapat mengintegrasikan seluruh proses bisnis perusahaan, sehinga dengan satu kali klik bisa mendapatkan laporan keuangan secara menyeluruh dan realtime. Sehingga perusahaan akan dapat lebih mudah mengontrol dan menekan biaya/cost serendah mungkin, serta mendorong penjualan/sales setinggi mungkin sehingga akan mendongkrak pendapatan perusahaan secara signifikan

Adempiere diprakarsai komunitas untuk mengembangkan dan mendukung solusi bisnis sumber terbuka dengan menyedikan fungsionalitas sebuah enterprise resource planning (ERP), customer relationship management (CRM), dan suplay chain management (SCM). Proyek ADempiere didirikan bulan September 2006 sebagai tindak lanjut ketidak sepakatan para pengembang compiere dengan perusahaan komersil dibelakangnya : Compiere inc. Pengembang proyek ADempiere adalah murni opensource menggunakan kode basis seputar proyek compiere.

Adempiere ERP multiplatform dan portable, Adempiere yang berjalan diatas Java,  sehingga bisa berjalan MacOS, Windows, Linux, ataupun Solaris dengan baik. Adempiere sangat cocok bagi anda yang menghendaki menggunakan aplikasi sekelas Compiere yang full feature namun masih free (tidak harus bayar), tentu Adempiere menjadi pilihan utama. seperti halnya Compiere.

            Apa sebenarnya yang membuat Adempiere ini berbeda dibandingkan dengan produk opensource lainnya? Ada beberapa yang membuat Adempiere ini sangat berbeda dibandingkan dengan teknologi lain, diantaranya : Adempiere meliliki skema referensi yang memungkinkan diupgrade ke versi terbaru tanpa merubah data  dan dengan sedikit melakukan migrasi data.

            ADempiere ERP telah sukses diimplementasikan di berbagai perusahaan di dunia termasuk di Indonesia, baik untuk perusahaan distribusi dan jasa, manufaktur, otomotif, pertambangan, hingga perkebunan dan lain lain. Minimnya informasi dan sosialisasi serta pelatihan ADempiere membuat masih sedikitnya perusahaan yang mampu memanfaatkan ADempiere sebagai aplikasi ERP modern yang memiliki banyak kelebihan namun dapat digunakan dengan lisensi gratis yang berbasis opensource.

Berikut adalah langkah - langkah instalasi ADempiere :
word
pdf






Tidak ada komentar:

Posting Komentar